PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE DALAM APLIKASI CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Keywords:
PMB, Chatbot, Whatsapp, waterfall, NLPAbstract
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan kegiatan dalam menerima calon mahasiswa di Perguruan Tinggi. Dalam proses PMB tersebut calon mahasiswa memerlukan informasi yang valid seputar perguruan tinggi sehingga perlu adanya media yang dapat memberikan sumber informasi tersebut. Suatu perkembangan teknologi yang dibutuhkan untuk merespon pesan secara realtime yaitu chatbot. Chatbot berbasis Whatsapp sangat diperlukan guna untuk meningkatkan pelayanan PMB, mengukur hasil kinerja chatbot, dan memungkinkan membalas pesan secara cepat, untuk metode pengembangan sistem menggunakan waterfall dan metode penelitian yang dilakukan menggunakan studi kasus, dalam pengumpulan datanya dilakukan wawancara kepada pegawai PMB, dilakukan observasi dan juga hasil wawancara berupa teks percakapan agar lebih akurat dalam menemukan masalah yang terjadi dalam perancangan chatbot. Chatbot berbasis Whatsapp ini menjadi media bertukar pesan yang mampu mempermudah dalam proses respon sehingga mampu meningkatkan pelayanan dengan hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot dapat menjawab pertanyaan dengan akurasi sebesar 80%, presisi sebesar 91% dan recall sebesar 84%, chatbot memberi response dalam hitungan detik dan chatbot ini sudah dilengkapi dengan teknologi NLP. Namun, chatbot ini masih memiliki kekurangan dalam segi hosting membuat user harus selalu mengaktifkan chatbot dan dalam kondisi terkoneksi internet, sehingga saran untuk pengembang selanjutnya agar dapat di hosting.