ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC SPARK ADVANCE TERHADAP PERFORMANSI MOTOR BENSIN
Keywords:
Electronic spark advance, sistem pengapian, performansi motor bensin, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang.Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi semakin cepat
dan terus mengalami perkembangan, memotivasi dunia industri untuk menciptakan
inovasi-inovasi baru. Khususnya di bidang industri otomotif. Pengetahuan di bidang
otomotif dengan menganalisa pengaruh penggunaan sistem pengapian tanpa
distributor, Tujuan yang ingin dicapai peneliti dari analisis ini adalah untuk
menentukan kinerja sistem electronic spark advancer yang paling optimum Praktis
dan langsung, relevan untuk situasi aktual dalam dunia kerja dan lapangan.
Fleksibel dan adaftif, membolehkan perubahan - perubahan selama masa penelitian
dan mengorbankan kontrol untuk kepentingan on the spot experimentation dan
inovasi. Penulis melakukan analisa terhadap performansi motor bensin pada unit
kendaraan ringan dengan menggunakan peralatan yang ada di BBPVP Bandung.
Semakin meningkatnya ignition timing tidak selaras dengan putaran mesin, Daya
pada rentang engine speed (rpm) dimana power tertinggi terdapat pada 5000 rpm
percepatan 5 sebesar 1,4 kW Emisi CO terendah ada pada Ignition timing 48o
dengan nilai 0% Injection time yang dihasilkan pada setiap percepatan dengan
variasi rpm, pemakaian bahan bakar paling optimal terdapat pada putaran mesin
2000 Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan ilmu pengetahuan di bidang otomotif
khususnya tentang daya dan torsi yang dihasilkan motor bensin dengan variasi
Ignition Timing. Diharapkan penelitian selanjutnya melakukan pengujian lebih lanjut
terhadap emisi dan konsumsi bahan bakar. Advanced research perlu dilakukan
berupa simulasi proses pengubahan data pada ECU (engine contol unit) sehingga
dapat diidentifikasi proses flame propagation-nya .