ANALISIS PENGATURAN KENDALI PID TERHADAP KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) PADA MOBIL LISTRIK

Penulis

  • Yakob Liklikwatil Penulis
  • Asep Diman Penulis

Kata Kunci:

PID, motor BLDC, PWM

Abstrak

Penelitian ini membahas pengendalian kecepatan motor BLDC sebagai penggerak utama mobil listrik. Motor BLDC mempunyai beberapa keungggulan yang menjadikannya motor listik yang baik untuk mobil listrik. Keunggulan motor BLDC diantaranya ialah efesiensi tinggi, masa operasi lebih panjang, perawatan yang rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah mengendalikan kecepatan pada motor BLDC untuk dapat diperoleh respon yang stabil. Motor BLDC memiliki saturasi input dengan range yang lebar. Perancangan kendali PID dilakukan dengan memodelkan motor BLDC pada sysid matlab pada saat diberikan nilai PWM tertentu yang nilainya pada titik operasi BLDC. Transfer Funtion orde 1 diperoleh untuk menentukan nilai Kp, Ki dan Kd. Kemudian dilakukan simulasi sistem kendali PID dengan fungsi transfer sistem sehingga diperoleh respon yang mencapai kestabilan dengan nilai didapatkan Kp=79,841 dengan rise time 1,32 second ,Ki=0,91891 dengan settling time 3,49 second dan Kd = -22,466 dengan overshoot 2,72 % Setelah dilakukan pengaturan nilai Kp, Ki dan Kd maka dilakukan simulasi system kendali PID menggunakan sysid dan Simulink Matlab. Motor BLDC merespon nilai PWM mulai dari 50,4 sampai dengan 255 atau setara dengan tegangan sampai dengan 5 volt. Fungsi transfer sistem ini digunakan untuk dapat menentukan nilai Kp, Ki dan juga Kd dengan kondisi ideal tanpa saturasi.

File Tambahan

Diterbitkan

23-12-2022