STUDI PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU
Kata Kunci:
Perencanaan, Perkerasan Kaku, Tebal Perkerasan.Abstrak
Umumnya jenis perkerasan yang digunakan pada jalan tol di Indonesia adalah perkerasan
kaku (rigid pavement), termasuk di proyek jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 4 Sta.
30+850-Sta. 39+050. Tujuan Penelitian ini merencanakan tebal perkerasan kaku, serta
melakukan studi komparasi perencanaan tebal perkerasan kaku antar dua metode yang
digunakan. Perencanaan Teknik Rinci dilakukan dengan berdasarkan pada Manual Desain
Perkerasan Jalan Tahun 2017, dan perencanaan penelitian ini menggunakan metode Pd T-
14-2003. Data yang digunakan untuk perhitungan menggunakan data-data yang sama.
Perencanaan tebal perkerasan kaku jalan dengan menggunakan metode dari Pd T-14-2003
menghasilkan tebal pelat beton 280 mm, dan tebal perkerasan kaku jalan eksisting terpasang
305 mm. Hal ini dimungkinkan karena pada metode Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun
2017, proses perencanaan tebal perkerasan kaku jalan selain berorientasi pada pencapaian
pemenuhan nilai struktural, juga berorientasi guna pertimbangan kepraktisan konstruksi untuk
kondisi beban dan iklim Indonesia.