PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN TERUSAN AL FATHU-LINGKAR SELATAN SOREANG (Studi kasus : Depan Pasar Soreang, STA 0+00-STA 0+500)
Kata Kunci:
Kinerja jalan, Parkir di badan jalan, Kapasitas.Abstrak
Perkembangan perkotaan akan meningkatkan pergerakan lalu lintas untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat. Peningkatan aktivitas ini akan mempengaruhi kinerja jalan khususnya
kapasitas. Parkir di badan jalan akan mempengaruhi kapasitas jalan Pasar Soreang.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kinerja ruas jalan dengan parkir di badan
jalan. Survei inventarisasi jalan berupa lebar jalan, lebar lajur, bahu dan median dan survei
volume lalu lintas dan parkir dilakukan menggunakan metode titik pengamatan. Pengolahan
data dilakukan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan (PKJI) 2014. Hasil pengolahan data
menunjukkan parkir di badan jalan pada jam puncak berada dalam kelas hambatan samping
tinggi dengan kecepatan setempat rata-rata sebesar 35 km/jam dan kecepatan arus bebas
sebesar 51 km/jam, volume lalu lintas rata-rata sebesar 2009 skr/jam, kapasitas 2610 skr/jam,
derajat kejenuhan sebesar 0,77 dan indeks tingkat pelayanan (ITP) berada pada level D.
Skenario yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas adalah melakukan penataan parkir
dengan menyiapkan parkir di luar badan jalan sehingga nilai kapasitas naik menjadi 2915
skr/jam dan ITP berubah menjadi kelas C. Penelitian ini menunjukkan bahwa parkir di badan
jalan berpengaruh menurunkan 12% kapasitas jalan Pasar Soreang, derajat kejenuhan lebih
tinggi 10% dan ITP lebih rendah satu kelas daripada kinerja jalan tanpa parkir di badan jalan.