ISU TEKNOLOGI STT MANDALA VOL.18 NO.2 DESEMBER 2023 p-ISSN 1979-4819 e-ISSN 2599-1930 114 ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN TERHADAP PENGARUH HAMBATAN SAMPING DAN KECEPATAN TEMPUH

Penulis

  • Iman Hidayat Penulis
  • Agia Setiana Penulis

Kata Kunci:

Volume Lalu Lintas (Q), Hambatan Samping (HS), Kecepatan (V), Indeks Tingkat Pelayanan (ITP)

Abstrak

Perkembangan perekonomian masyarakat Kabupaten Bandung berdampak pada sistem
transportasi dan arus lalu lintas.Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan kinerja jalan
dan Indeks Tingkat pelayanan (ITP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
hambatan samping dan kecepatan tempuh terhadap Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) jalan
dengan analisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Dalam
prosesnya, metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal komperatif.Lokasi
penelitian berada di jalan raya Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.Penelitian yang dilakukan
dengan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer yang kemudian diolah dengan
menggunakan acuan PKJI 2014. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa frekuensi bobot
kejadian hambatan samping (HS) paling tinggi terjadi pada hari Rabu jam 11.00-12.00 WIB
dengan total kejadian 920 Skr/jam dengan nilai kelas hambatan samping sangat tinggi,
pencapaian kecepatan arus bebas berkisar 48,27% - 95,67%, volume (Q) lalu lintas
maksimum terjadi pada hari Rabu jam 18.00-19.00 WIB sebanyak 3600 skr/jam, kapasitas
dengan nilai Derajat Kejenuhan (DJ) sebesar 1,18 sehingga tingkat pelayanan jalan F. Untuk
volume (Q), hambatan samping (HS), Kecepatan (V) mempengaruhi Indeks Tingkat
Pelayanan (ITP) jalan sebesar 97,80%. Oleh sebab itu, solusi yang dapat direncanakan
adalah melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas.

File Tambahan

Diterbitkan

27-12-2023