PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN ONLINE SHOP
Kata Kunci:
Sistem informasi, pemasaran dan online shopAbstrak
Dengan perkembangan sistem informasi online shop dewasa ini menjadi
semakin maju dengan meningkatkan perekonomian negara kita yang menjadi
suatu peluang dalam pemasaran produk maupun jasa. Dengan pemamfaatan
media online menjadikan era perkembangan system informasi yang sangat maju
pesat yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan
smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.
Adanya fitur – fitur sosial media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam
sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam
berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat
yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita
jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas sosial media yang
semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam
memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal ini jelas menarik keinginan para
produsen atau afiliate (perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk
mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat
dari banyak pengguna smartphone saat ini. Penerapan sistem informasi
pemasaran Online shop atau bisnis online saat ini bukan lagi menjadi sesuatu
yang asing bagi masyarakat Indonesia, baik yang dalam kesehariannya
menggunakan internet ataupun tidak. Adapun definisi online shop, adalah suatu
proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa
melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau
melakukan kontak secara fisik yang dimana barang yang diperjualbelikan
ditawarkan melalui display dengan gambar yang ada di suatu website atau toko
maya. Setelahnya pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk
kemudian melakukan pembayaran kepada penjual melalui rekening bank yang
bersangkutan. Setelah proses pembayaran di terima, kewajiban penjual adalah
mengirim barang pesanan pembeli ke alamat tujuan dengan demikian
pemamfaatan media online sangat membantu organisasi maupun perorangan
dalam pemasaran baik produk maupun jasa.