ANALISIS IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI X
Kata Kunci:
TAM, AMOS, SEM, E-LearningAbstrak
Paradigma pembelajaran menggunakan e-learning terus meningkat seiring perkembangan pesat
teknologi sistem informasi. E-learning kini tidak lagi hanya sebagai pelengkap dalam sistem
informasi pembelajaran, tetapi telah menjadi bagian utama dalam kegiatan belajar mengajar.
Pada Perguruan Tinggi X aplikasi e-learning telah ada sejak 2014 dan dalam beberapa tahun
terakhir menjadi media pembelajaran wajib. Ini diharapkan membantu mewujudkan visi dan misi
sebagai Perguruan Tinggi pelopor dan unggul. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan
e-learning khususnya di Departemen Ilmu Komputer menggunakan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM). Data diolah dan dianalisis menggunakan metode Structure Equation
Modelling (SEM) dengan software Analysis of Measurement Structures (AMOS). Penelitian ini
menggunakan dua konstruk TAM, yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use. Ada
delapan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, dengan hasil pengujian menunjukkan lima
hipotesis berpengaruh signifikan. Dapat disimpulkan bahwa konstruk TAM yang saling
berpengaruh signifikan adalah Perceived Ease to Use terhadap Perceived Usefulness dan
Attitude Toward Using; Attitude Toward Using terhadap Behavioral Intention to Use; Behavioral
Intention to Use terhadap Actual System Use, serta tingkat kesesuaian sistem berpengaruh
terhadap Perceived Ease to Use.